Pola Melingkar dalam Modal Ventura dan Angel Investing: Tren dan Tips Menarik

1. Selama dekade terakhir, jumlah putaran benih tetap stagnan dan jumlah kesepakatan menurun. Bagi mata yang tidak terlatih, tampaknya ada lebih banyak persaingan untuk mendapatkan dolar benih. Di bawah permukaan, bagaimanapun, startup adalah mendaur ulang pengalaman pendiri. Alasan mengapa jumlah kesepakatan menurun adalah karena tim lebih siap, lebih paham secara finansial, memiliki akses ke dukungan dengan harga lebih baik, lebih sedikit membuang waktu dan sumber daya, menggunakan bentuk pendanaan lain SEBELUM putaran benih, dan melakukan pivot atau memutuskan untuk keluar lebih awal -pada tahap pra-benih. (Pendiri akan terjun ke dalam mengeksplorasi peluang baru).

Tim pendiri didaur ulang

2. Lebih banyak perusahaan yang mencari putaran benih sudah memiliki penjualan, ekspresi minat, dan beberapa bentuk validasi pasar sebagai hasil dari ekonomi sirkular dari pikiran dan tindakan kewirausahaan. Perusahaan yang mencari putaran benih lebih maju dari 10 tahun yang lalu. Pendiri menggunakan cara lain untuk mendapatkan pendanaan (sebagaimana seharusnya! Karena pendanaan awal sangat mahal!), DAN mereka juga mendaur ulang pengalaman mendirikan, mendirikan bersama, menasihati, dan/atau menjadi karyawan awal di perusahaan sebelumnya. Ini menciptakan ekonomi sirkular dari pengalaman kewirausahaan. Bukan hanya pengusaha serial, tetapi sekelompok besar orang yang telah mengalami pengembangan startup (gagal, sukses, dan segala sesuatu di antaranya, dalam banyak peran!).

Pemasok dana didaur ulang

3. Lebih banyak investor masuk ke setiap putaran, dan putaran benih menjadi lebih kolaboratif. Semakin banyak dana kecil, malaikat dan kelompok malaikat berinvestasi bersama. Itu berarti lebih banyak mata yang mengevaluasi transaksi (BAIK) tetapi juga transaksi BURUK karena dampak dari setiap transaksi dalam portofolio keseluruhan lebih rendah, dan FOMO (takut ketinggalan) bisa mendapatkan tanda tangan itu! Pikirkan Theranos (aduh).

Baca juga di Gemarinvestasi untuk mendapatkan informasi tentang investasi dan bisnis semoga bisa menjadi referensi untuk membuka suatu usaha yang anda inginkan.

TIP: Tidak ada yang berbicara tentang mentalitas kawanan dan akan ada beberapa pelajaran untuk dipelajari ke depan. Karena sifat pendanaan bersepeda dan daur ulang, investor awal dapat memindai kesepakatan lebih awal, dengan jumlah yang lebih rendah, dan, jika mereka ingin bermain di putaran mendatang, mereka harus masuk lebih awal dan dengan yang lain: bayar untuk bermain.

Daur ulang pendiri dan penyandang dana juga mengubah jalan keluar:

4. Pintu keluar juga didaur ulang! Perusahaan diakuisisi, diambil publik, dipecah-pecah, dijual kembali, diprivatisasi, dipublikasikan kembali, dan ada banyak peluang yang muncul untuk keluar. Ini sebenarnya adalah area yang siap untuk diganggu. Selamat datang di dunia pintu keluar daur ulang.

Dan proses pendanaan menjadi lebih menarik dan kompleks.

5. Karena pengusaha dan penyandang dana menjadi lebih nyaman menavigasi banyak opsi pendanaan startup atau orang dewasa, opsi pendanaan baru muncul: ada pengetahuan yang lebih baik tentang crowdfunding, cryptocurrency, hybrid (safes/convertible note), dan tipe SFI (bisa kami sebut instrumen pendanaan khusus ini?). Pemasok modal adalah mekanisme pinjaman dari SPV, SPE, dan SVI. Saya tidak sabar untuk melihat opsi baru apa yang muncul dari ini.

Semua daur ulang dan penggunaan kembali ini berdampak pada ROI dan pasar modal

6. Siklus lebih lama: Dibutuhkan waktu lebih lama untuk mendaki gunung yang lebih besar, terutama jika, di sepanjang jalan, ada beberapa jalan keluar semu, poros, putaran yang lebih banyak dan lebih besar. Ini berdampak pada cara kami menegosiasikan pendanaan masuk ke perusahaan, karena ada cahaya di ujung terowongan, tetapi terowongannya semakin panjang. Kombinasikan ini dengan ketidakpastian bagaimana investor OUT. Sekali lagi, ini adalah area yang siap untuk gangguan dan saya tidak sabar untuk melihat opsi baru muncul. Dengan siklus yang lebih panjang, pengembalian investasi menurun, sehingga perusahaan didorong untuk menemukan cara baru dan mengganggu untuk menggairahkan investor dan investor BARU yang seharusnya lebih menghindari risiko dan suka bertualang, tetapi pada kenyataannya sembrono.

Jalan yang lebih panjang membutuhkan lebih banyak sumber daya,
Tetapi pasokan modal tidak ada dalam ruang hampa

7. Pasar publik menyusut, dan investor -terutama investor institusional- sedang menavigasi melalui rollercoaster kegilaan politik. Sebagian besar berasal dari minat yang mengejutkan dalam melindungi perbatasan daripada memiliki ekonomi global yang sehat, buta huruf keuangan dan ekonomi meresapi arena politik di mana keputusannya sembrono dan manajer keuangan berfokus pada pengurangan risiko bodoh (terkesiap) alih-alih menciptakan dan mendukung kekayaan baru.

Secara keseluruhan, kombinasi daur ulang bakat, modal, dan teknologi yang sehat memicu ekonomi meskipun ada kesalahan yang dibuat oleh politik.

Bagi investor, sinyalnya jelas: Masuk lebih awal, dukung banyak startup, pelajari, dan berkolaborasi.

Bagi pengusaha, sinyalnya menunjukkan: Gunakan banyak bentuk pendanaan, gunakan pendanaan dinamis, minta dukungan investor (bukan hanya uang), dan buat tim yang dinamis.

Oh, dan untuk pemilik usaha kecil yang berpikir “kecil itu indah”, sekarang, lebih dari sebelumnya, kutipan terkenal saya dari 100% dari 1 adalah 1, tetapi 1% dari 1000 lebih, lebih valid dari sebelumnya. Berbaris, singkirkan ilusi “aman” dan rangkul pola pikir “pertumbuhan”. Jika kita berhenti tumbuh, kita mulai sekarat. Kecil itu indah, hanya saja tidak berkelanjutan.

Bagi Pemerintah dan Badan Pembangunan Ekonomi, teka-teki ini semakin kompleks… Bertahanlah!

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *