Apple akan merancang dan TSMC akan membangun chip modem 4nm 5G untuk lini iPhone 2023

Sejak Apple yang putus asa mencapai penyelesaian dengan Qualcomm pada April 2019, peta jalan mulai terbentuk. Hal itu semakin menguat setelah Apple membayar $1 miliar untuk bisnis chip modem Intel yang mencakup paten, peralatan, sewa, dan yang paling penting, 2.200 karyawan Intel disertakan dalam kesepakatan itu. Ya, jelas bahwa Apple berencana merancang chip modem 5G-nya sendiri.

Apple ingin mengurangi ketergantungannya pada perancang chip Qualcomm

 

Beberapa hari yang lalu kami menyampaikan rumor dari Digitimes yang mengatakan Apple berencana menggunakan modem 5G sendiri dimulai dengan model iPhone 2023 yang akan menjadi seri iPhone 15. Chip modem 5G akan menjadi komponen mandiri menurut laporan, terlepas dari chipset Bionic A17 2023.

Menurut Nikkei Asia , sebagian alasan keputusan Apple untuk terus maju dengan desain chip modem 5G-nya sendiri adalah untuk mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm, perancang chip yang saat ini menyediakan chip modem 5G untuk iPhone kepada Apple.

Qualcomm telah mengkonfirmasi bahwa Apple akan memesan chip modem dalam jumlah yang jauh lebih kecil dan mengatakan bahwa pada tahun 2023 itu akan menjadi sumber hanya 20% dari komponen untuk perusahaan. Tidak perlu ahli matematika untuk menghitung bahwa ini berarti bahwa Apple akan memasok sendiri dengan 80% dari chip modem yang dibutuhkan untuk iPhone pada tahun 2023.

 

Pada suatu waktu, Apple sangat memikirkan chip modem 5G Qualcomm sehingga menarik diri dari kesepakatan dengan Intel untuk memproduksi chip modem 5G. Apple membayar Qualcomm jumlah yang dirahasiakan yang dikabarkan berkisar dari $ 4,5 miliar hingga $ 6 miliar untuk menyelesaikan semua masalah hukum yang dimilikinya dengan perusahaan pada saat itu. Apple dilaporkan tidak percaya pada kemampuan Intel untuk menghadirkan chip modem 5G berkualitas tepat waktu.

 

Laporan Nikkei sesuai dengan yang ditulis oleh Digitimes karena keduanya memperkirakan langkah ini akan dilakukan pada tahun 2023. Empat orang yang mengetahui rencana Apple mengatakan kepada Nikkei bahwa chip modem 5G akan diproduksi oleh TSMC menggunakan node proses 4nm yang terakhir. Dua orang yang diberi pengarahan tentang situasi tersebut mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan komponen frekuensi radio dan gelombang milimeternya sendiri yang akan bekerja bersama chip modemnya.

Sementara Apple merancang chipset A-series yang digunakan untuk iPhone dan iPad selama bertahun-tahun, merancang chip modem bisa dibilang lebih rumit karena harus kompatibel dengan standar konektivitas lama seperti 2G dan 3G, hingga lebih saat ini menggunakan platform 4G dan 5G. Alasan mengapa Apple menunggu hingga 2023 untuk menggunakan 5G baru

chip modem karena semua waktu yang dibutuhkan operator global untuk memverifikasi dan menguji komponen baru.

Nikkei mengatakan bahwa TSMC akan membangun A16 Bionic tahun depan menggunakan node proses 4nm, bukan 3nm

 

Laporan Nikkei juga mencoba menjawab pertanyaan besar mengenai chip yang akan digunakan Apple pada seri iPhone 14 tahun depan. Awalnya, TSMC berharap untuk memulai produksi massal node proses 3nm pada waktunya untuk menggunakannya untuk membangun A16 Bionic. Namun awal tahun ini, TSMC mengakui bahwa kerumitan penggunaan 3nm memaksa penundaan volume produksi chip 3nm dan akibatnya, volume produksi pada 3nm tidak akan dimulai hingga paruh kedua tahun 2023.

Penundaan tersebut tidak memungkinkan TSMC untuk menghasilkan A16 Bionic menggunakan node proses 3nm dan sebagai hasilnya, chipset A16 Bionic dapat dibuat menggunakan proses 4nm atau 5nm. Namun baru-baru ini Digitimes mengatakan bahwa TSMC telah kembali ke jalurnya dan dapat memulai produksi volume chip 3nm pada paruh kedua tahun 2022 yang akan membuatnya terjepit, tetapi masih memberikan kesempatan kepada pengecoran independen terbesar di dunia untuk membangun A16 Bionic menggunakan 3nmnya. simpul proses .

Namun Nikkei mengatakan bahwa seri iPhone 14 akan ditenagai oleh chip menggunakan proses 4nm TSMC. Adapun node 3nm, Apple akan menggunakannya terlebih dahulu untuk memberi daya pada beberapa model iPad tahun depan sebelum digunakan untuk membangun A17 Bionic yang akan memberi daya pada jajaran iPhone 15.

 

Sederhananya, semakin rendah nomor node proses, semakin tinggi jumlah transistor yang muat di dalam mm persegi. Semakin tinggi jumlah transistor, semakin kuat dan hemat energi sebuah chip.

Tekno Harian adalah sebuah situs yang berisi kumpulan berita, Informasi terpercaya serta Tips trik teknologi terbaru yang dapat menjadi bahan bacaan anda. Kunjungi disini [https://teknoharian.com]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *