Jenis Aspal Yang Digunakan Di Jalan Dan Perkerasan

Sebagian besar dari apa yang dapat kita miliki atau tempat yang dapat kita kunjungi adalah hasil dari jalan yang dapat dilalui kendaraan yang dibangun dengan menggunakan aspal. Tanpa itu, kendaraan tidak akan dapat memberikan apa yang kita butuhkan untuk menciptakan infrastruktur dan banyak kebutuhan yang kita butuhkan.

Zat berbasis minyak bumi ini diproduksi dalam beberapa tingkatan, masing-masing lebih keras dari yang berikutnya. Jalan dibangun menggunakan kadar aspal yang dipilih oleh Jasa Pengaspalan Jakarta para insinyur untuk memperhitungkan siklus pembekuan/pencairan dan daya tahan. Mari kita lihat bentuk-bentuk yang berbeda.

Beton aspal campuran panas

Jenis aspal yang paling umum digunakan, HMAC menawarkan daya tahan paling tinggi karena diterapkan pada suhu yang lebih tinggi yang memungkinkannya untuk dipadatkan dengan sangat baik. Meskipun mengeluarkan asap dan debu dalam jumlah besar yang tidak diragukan lagi berbahaya bagi kesehatan, itu adalah satu-satunya bentuk yang dapat bertahan dalam lalu lintas tinggi untuk waktu yang lama tanpa retak.

Suhu tinggi memungkinkan pengeringan agregat yang tepat yang menjaga stabilitas dan mencegah kelembaban terperangkap di bawahnya. Modifikasi peralatan tidak diperlukan karena teknologinya lebih tua dari WMA. Oleh karena itu, biaya berkurang secara signifikan terutama ketika HMAC diterapkan pada bentangan jalan yang panjang.

Beton aspal campuran hangat

Di WMA, suhu yang lebih rendah diterapkan untuk mempertahankan viskositas. Ini memiliki manfaat lingkungan karena lebih sedikit energi yang digunakan dan lebih sedikit asap yang dihasilkan, dua faktor yang biasanya dialami dengan aspal campuran panas.

Selain aspek yang lebih hijau, WMA relatif mudah untuk dimanipulasi karena viskositasnya tidak terlalu tinggi. Pemadatan juga lebih cepat dan lebih mudah yang mempengaruhi biaya dan tenaga kerja paving secara keseluruhan. Jalan yang terletak melalui terowongan di mana ventilasi terbatas biasanya melihat pekerja terkena banyak asap dan debu. Karena WMA mengurangi jumlah keduanya, ini adalah pilihan yang baik saat membangun jalan di ruang terbatas.

Aspal campuran dingin

Dimana WMA dan HMAC perlu dicampur dan diterapkan di bawah panas, aspal campuran dingin menghilangkan kebutuhan suhu tinggi. Air sabun malah digunakan untuk mengemulsi aspal. Hasil akhirnya, meskipun cocok untuk menambal HMAC, tidak dirancang untuk menahan beban kendaraan sehari-hari. Dengan demikian, ini paling baik diterapkan di jalan dengan lalu lintas rendah seperti jalan layanan dan jalan masuk perumahan.

Aspal damar wangi batu

Juga disebut aspal matriks batu, SMA sangat ideal untuk jalan lalu lintas tinggi, jalan perumahan dan bahkan atap. Ini memiliki kandungan bitumen yang lebih rendah dengan agregat yang membentuk potongan persentase.

Tidak ada modifikasi peralatan yang diperlukan untuk meletakkan SMA meskipun memiliki beberapa keterbatasan. Peningkatan waktu pencampuran, biaya material dan gesekan rendah awal harus dihadapi. Gesekan rendah adalah hasil dari film pengikat yang, kebetulan, dihapus dari waktu ke waktu untuk meningkatkan gesekan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *